Senin, 17 Agustus 2020

Cara Mengatasi Kebosanan Saat Menghadapi Pandemi Corona

Sumber gambar : https://media.suara.com/pictures/653x366/2020/08/14/32568-ilustrasi-anak-bosan.jpg


Pasti nggak asing lagi dong sama yang namanya virus covid 19 atau lebih sering disebut dengan corona. Corona membahayakan nyawa kita semua walau hanya batuk dan pilek seperti flu tetapi perlu diingat bahwa corona juga terdapat sesak nafas yang bisa membuat nyawa kita terancam. Corona tidak hanya membawa dampak negatif saja. Kenapa saya berkata demikian? Karena dengan ada nya corona kita semua jadi lebih dekat atau lebih banyak menghabiskan waktu kalian bersama keluarga. Nah walaupun demikian saat pandemi corona seperti ini pasti banyak dong yang merasa bosan apalagi yang hampir tidak pernah  keluar rumah. Yang hampir tidak pernah keluar dari rumah aku salut sama kalian semua karena kalian juga berusaha untuk berpartisipasi dalam mencegah penularan covid 19 atau yang lebih sering disebut dengan corona. Nah disini saya akan membahas tentang bagaimana cara mengatasi kebosanan selama masa quarantine di dalam rumah. Yuk simak penjelasan berikut ini :

 


1. Membaca

    Buku adalah jendela dunia. Buku juga merupakan sumber informasi yang dapat menambah wawasan kita di berbagai hal. Bagi yang suka sekali sama yang nama nya membaca atau pun yang tidak suka. Kalian bisa loh membaca baca buku. Buku kan ada banyak jenisnya. Tidak harus kalian membaca buku pelajaran, bisa membaca buku novel, komik, cerpen (cerita pendek), dan lain lain. Lagipula dengan membaca buku banyak manfaat yang bisa kita dapatkan. Manfaat yang kita bisa dapatkan seperti melatih kita untuk menulis dengan baik (bisa mengarang), mendorong tujuan hidup seseorang, memperluas pikiran seseorang, melatih keterampilang untuk berfikir dan menganalisa, menambah kosakata, wawasan, dan pengetahuan, dan masih banyak lagi. Tetapi yang perlu diingat jika membaca jangan ditempat yang gelap ataupun dengan posisi tiduran karena dapat merusak mata karena mata bekerja lebih keras untuk membaca tulisan tulisan yang ada di buku. Jadi membaca yang baik adalah dengan posisi duduk tegak dan ruangan yang terang.

 

2. Olah Raga

    Ada 2 jenis olah raga. Ada olah raga modern dan ada olah raga tradisional. Olah raga modern seperti bola basket, bola voli, golf, senam, ski air, bulutangkis, karate, sepak bola, renang, wushu, tenis meja, dan lain lain. Sedangkan olah raga tradisional seperti bakiak, benteng, egrang, pencak silat, dan lain lain. Olah raga termasuk dalam pola hidup sehat. Selain itu olah raga juga banyak manfaatnya. Manfaat dari olahraga tidak hanya satu atau dua saja tetapi banyak sekali manfaatnya. Manfaat dari olah raga yaitu menghilangkan stres, meningkatkan kinerja otak manusia sehingga dapat bekerja lebih maksimal, dan dapat meningkatkan derajat kesehatan seseorang. Selain itu bisa juga untuk diet. Nih yang pada mau diet banyak banyak olah raga ya. Tetapi jika berolah raga jangan terlalu berlebihan karena badan bisa sakit. Jika sudah lelah akan lebih baik jika berhenti terlebih dahulu untuk beristirahat dan dilanjutkan lagi olah raga nya besok. Jadi jika begitu kita akan mendapat manfaat nya dari berolah raga.

 

3. Menonton Film Favorit

   Menonton film favorit adalah suatu hal yang menyenangkan. Sampai sampai terkadang kita tidak sadar waktu karena terlalu seru film nya. Kalian bisa menonton film negara manapun loh sesuai yang kalian inginkan. Jika kalian tidak suka atau sudah bosan dengan film Indonesia kalian bisa menonton film dari Thailand, China, Korea, dan negara negara lainnya. Kalian bisa menonton film negara lain melewati aplikasi. Tapi tidak boleh terus terusan menonton film nya karena bisa menyebabkan mata pedas sehingga sakit. Jadi pada saat menonton akan lebih baik jika ruangan terang, layar yang ingin ditonton besar sehingga mata tidak bekerja terlalu keras, dan perhatikan waktu. Dan jika ingin menonton nya lebih menyenangkan ajak orang tua, kakak, dan adik menonton juga. Pastinya akan lebih seru lagi jika menonton nya secara bersama sama dibandingkan hanya sendirian.

 

4. Memasak Bersama

    Memasak bersama ibu sangatlah menyenangkan. Seperti memasak untuk makan siang bersama. Atau jika kalian dan ibu kalian suka membuat kue bisa tuh membuat kue. Membuat kue nastar, lidah kucing, roti, dan lain lain. Selain itu kalian juga menjadi lebih dekat dengan ibu kalian. Dan juga bisa menambah keharmonisan keluarga. Jika makan makanan yang sudah jadi tadi akan lebih baik jika makan nya bersama sama atau berbarengan karena dengan seperti itu hubungan antar keluarga akan semakin harmonis. Untuk anggota keluarga yang kurang deket bisa coba dengan cara ini bisa aja nanti hubungan antar keluarga nya jadi lebih deket sehingga lebih menyenangkan tinggal di rumah daripada canggung canggung antar anggota keluarga kan lebih tidak enak atau tidak nyaman. Setelah makan bersama mencuci piring nya juga bersama sama atau saling bantu membantu pasti lebih seru dibandingkan dengan kalian mencuci piring sendiri sendiri.


5. Banyak Berdoa

   Ada beragam agama. Ada agama kristen, katolik, hindu, buddha, islam, konghucu. Apapun keyakinan agama yang kita miliki wajib memperbanyak doa. Dengan memperbanyak doa hati dan pikiran bisa menjadi lebih tenang dan damai sejahtera. Tidak ada perasaan gelisah atau perasaan tidak nyaman. Bisa dengan cara berdoa dengan keluarga bersama ataupun doa pribadi di dalam kamar dengan tempat yang sepi atau hening sehingga tidak mengganggu kita pada saat berdoa (agar kita bisa lebih fokus berdoa menghadap ke Tuhan). Akan lebih baik jika kita memuji Tuhan dengan menyanyikan lagu rohani terlebih dahulu sebelum berdoa. Dan di dalam doa jangan hanya meminta saja isi doa nya tetapi juga mengucap syukur dan mendoakan orang lain baik yang kita kenal maupun tidak.

 

6. Bermain Bersama Saudara

    Antar saudara akan lebih baik jika sering bermain dan mengobrol atau bercurhat bersama karena akan lebih mendekatkan hubungan antar persaudaraannya. Jika kalian tidak dekat dengan saudara sendiri akan terasa tidak enak atau tidak nyaman karena kalian yang setiap hari pastinya bertemu di dalam rumah harus canggung canggungan akan terasa tidak bebas dalam diri kalian. Apalagi untuk anak yang tinggal nya jarang bersama keluarga sendiri karena kerjaan yang ada di luar kota ataupun sekolah nya berada di luar kota kalian harus sering sering bermain bersama saudara jika ada waktu untuk bertemu agar hubungan kalian tidak menjadi renggang. Selain itu dengan bermain atau mengobrol bersama saudara dapat mengurangi kita dalam menggunakan hp atau gadget. Karena jika terlalu sering dalam menggunakan gadget bisa merusak mata ataupun kita jadi harus menggunakan kacamata setiap kali ingin melihat sesuatu. Dan pastinya tidak enak jika harus menggunakan kacamata terlebih dahulu. Jadi akan lebih baik jika kita semua mengurangi penggunaan gadget dengan berkumpul bersama saudara karena serunya juga tidak kalah seperti kalian sedang menggunakan hp atau bisa dibilang lebih seru berkumpul bersama saudara dibandingkan bermain gadget.

                                         

Nah itu cara cara mengatasi kebosanan di rumah. Kalian tetap harus quarantine di rumah dulu ya sampai pandemi corona ini selesai walaupun kita semua bosan tetapi tidak ada yang mau kena virus corona kan jadi harus bersabar. Jaga kesehatan dengan makan makanan yang bergizi, istirahat yang cukup, dan minum vitamin. Jika harus keluar rumah karena ada suatu hal yang sangat sangat penting dan mendesak jangan lupa menggunakan masker dan membawa handsanitizer ya.











0 komentar:

Posting Komentar